Jangan di anggap serius , anggap saja ini asal nulis , sekalian untuk bukti bagi pembaca bahwa sebenarnya menulis itu mudah dan memang tidak susah karena semua kembali kepada pelakunya , apakah keinginan menjadi penulis itu memang benar benar di dukung semangat dan tekat walau tidak di dukung bakat atau sekedar ikut ikutan ngetren membuat tulisan yang tak pernah ada ujungnya " Karena Tulisanya Ga pernah Final , bukan karena panjang pembahasanya tapi karena mandek pengulasanaya " . Oke lanjutkan ke topik Cara Cari Topik Artikel Versi Ke Dua .

Cara ini bisa di gunakan untuk membuat karya tulisan dalam bentuk apapun , entah itu artikel,puisi,cerpen, novel atau berita atau jenis karya penulisan yang mungkin tidak saya kenal , termasuk nulis naskah pidato,kotbah,ceramah dan lain sebagainya .

Berikut langkah yang pernah saya jalankan , maaf sengaja di sini saya menyampaikan pengalaman pribadi saya , dan tidak menggunakan katanya doktor,profesor, dosen dan lain sebagainya , alasanya bukan karena saya ingin populer seperti mereka , tidak . Tapi karena memang saya tidak pernah belajar dari mereka , jadi jika di tanya Bagaimana cara mencari Topik Nulis Artikel Menurut , Einstin, Sby, Soekarno atau siapa ilmuan terkenal lainya ? Saya tidak bisa menjawabnya . Tapi jika anda bertanya bagaimana cara cari topik artikel menurut saya , maka berikut ini jawabaan saya .

1. Tentukan Target Pembacanya . di sini saya berikan beberapa contoh , silahkan di kembangkan .
  1. Anak-Anak
  2. Remaja
  3. Dewasa
Pilih salah satu di antar tiga kalangan pembaca di atas
2. Tentukan Target Kelamin Pembaca .
  1. Lelaki
  2. Perempuan
3. Tentukan Salah satu Masalah Yang sering di hadapi Mereka .
  1. Keluarga
  2. Pendidikan
  3. Ekonomi
  4. Sosial
  5. Agama
  6. Dll
Silahkan anda cari sisi lainya yang lebih mendekati pada permasalah calon pembaca tulisan anda . 
4. Tentukan Masalah Yang lebih terperinci dari langkah nomor Tiga contohnya di sini masalah Keluarga .
Orang Tua
Keharmonisan
Anak
Kesehatan
Dll
Lanjutkan terus mencari perinciannya , jangan berhenti sampai kita menemukan titik masalah mereka yang sebenarnya jadi masalah kita juga bahkan bisa jadi kita lebih bermasalah dari mereka .
5. Setelah menemukan masalah mereka ternyata juga ada di sekitar kita , sekarang silahkan anda memilih salah satu masalah tadi sebagaii topik awal untuk mulai menulis .

Berikut ini contoh cara membuat topik tulisan yang sering saya jalankan : Aku ingin tulisan ini di baca oleh pelajar , yang sedang di landa masalah asmara , masalah utamanya dia tidak punya pacar . Dari gambaran ini akhirnya saya mebuat artikel Berjudul Cara Cepat Cari Pacar . Ini hanya sebatas contoh , silahkan anda kembangkan sendiri .

Demikian uraian singkat ini mudah-mudahan bermanfaat .