Halo... sobat jadibuku . berikut ini ada tips dan trick bagaimana memilih topik untuk menulis artikel . Bukan sok pinter atau sok jago dalam dunia menulis , tapi saya kira tidak ada salahnya jika tips dan trick menulis ini saya sampaikan . sekedar berbagi saja bahwa ini adalah salah satu caranya mengapa saya bisa menulis banyak artikel di blog blog lainya . ya salah satunya dengan cara ini . Oke langsung saja .

Langkah Pertama :
Cari inspirasi melalui beberapa media informasi , baik secara online atau Offline . Namun saya rekomendasikan cari informasi secara online saja guna mempermudah pengerjaanya . sumber inspirasi yang biasa saya gunakan adalah :
1. Kompasiana Situs Jurnalis Warga terbesar indonesia
2. Situs berita seperti Kompas,detik,merdeka dll ( usahakan cari media berita yang netral ) .
3. Forum-forum seperti kaskus,detik dll.
4. Dari status sosmed teman seperti fb,twitter dll .
5. Ini yang paling saya suka , mencari informasi dari berbagai Blog yang ada di internet .

Langkah Kedua :
Baca semua artikel sampai selesai , jangan pedulikan topiknya apa , pokok selesaikan bacanya , entah menarik atau tidak menarik . Baca dan baca sampai selesai entah di paham atau tidak . Terus baca dan baca .

Langkah Ke Tiga :
Mungkin ini butuh waktu lama , bisa berhari-hari guna mencari Topik yang unik dan menarik untuk di tulis . Tapi dengan bantuan langkah pertama dan kedua maka langkah ketiga ini bisa di lakukan dengan cepat .

Langkah Ke Empat :
Itrirahat dulu barang sejenak , karena pikiran kita butuh istrirahat , jangan di paksakan , buat jalan jalan saja dulu barang sehari dua hari sampai pikiran kita fresh .

Langkah Ke Lima :
Memulai mempertimbangkan beberapa Topik yang cocok , yah sambil jalan jalan , minum kopi dan lain sebagainya . Biasanya di sini Topik akan mencul dengan sendirinya .

Demikian cara santai memilih topik sebelum menulis artikel . Cara ini tidak mengikat dan bisa di rubah sesuai kebutuhan anda . Sekali lagi ini pengalaman pribadi saja . Tidak ada rumus paten yang menjamin orang pintar dalam waktu singkat . Semua kembali kepada diri masing-masing .